Negara kepuluan Fiji Umumkan Libur Nasional Setelah Tim Rugby Berhasil Meraih Medali Emas

Negara kepuluan Fiji Umumkan Libur Nasional Setelah Tim Rugby Berhasil Meraih Medali Emas

BERITA OLIMPIADE 2016 – Negara kepuluan Fiji Umumkan Libur Nasional Setelah Tim Rugby Berhasil Meraih Medali Emas.  Semua rakyat negara Kepulauan Fiji tengah bersuka cita. Atlet mereka dari cabang Rugby Seven sukses mencapai medali emas Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil, dua hari lalu. Prestasi itu yaitu medali pertama selama sejarah keikutsertaan atlet-atlet Fiji di turnamen Olahraga paling akbar sedunia. Sekalinya berprestasi, Fiji langsung mendapatkan emas.

Telegraph melaporkan, Minggu (14/8), tim nasional putra Rugby Seven dari Fiji sukses menaklukkan timnas Inggris dengan score 43-7 di babak final. Beberapa jam selepas kemenangan membanggakan timnas mereka, pemerintah negara di dalam Samudra Pasifik itu menginformasikan 22 Agustus kelak, saat timnas mereka tiba di Tanah Air, bakal dirayakan sebagai libur nasional.

” Perjuangan atlet kita begitu membanggakan. Mereka tak di dukung dana melimpah namun dapat menaklukkan tim sebesar Inggris, ” kata Perdana Menteri Frank Bainimarama.

Rugby Seven yaitu olahraga jenis dari rugby. Ketentuannya hampir sama, namun jumlah pemain dalam satu tim hanya tujuh orang. Durasi tiap-tiap babak juga dibatasi tujuh menit.

Ketika final, hampir semuanya masyarakat Fiji terpaku ke monitor televisi. Acara nonton bareng di gelar di banyak tempat, termasuk juga di stadion. Jalanan Ibu Kota Suva dilaporkan kosong melompong. Fiji Times melaporkan, beberapa puluh pasien kritis dirumah sakit bersama-sama memaksakan diri menggunakan tongkat atau kursi roda ke aula berbarengan untuk melihat siaran langsung melalui televisi.

Baca Juga : GREYSIA POLII MERAYAKAN ULANG TAHUN DI OLIMPIADE 2016

Dari catatan Persatuan Rugby Fiji, 900 ribu orang yang menyebar di 110 pulau, melihat final Olimpiade cabang Rugby Seven. Siang sebelumnya final, semuanya sekolah serta beberapa toko tutup. Di Stadion Rio, ada 4 ribu warga Fiji yang mensupport timnas mereka berlaga. ” Saya fikir setelah kompetisi banyak masyarakat masih malas bekerja, mereka masih menginginkan berpesta, ” kata John O’Connor, tokoh rugby di negara itu.

Saat kompetisi selesai dengan cerita bak dongeng, situasi kota-kota Fiji menggila. Kebanyakan orang keluar rumah, mengibarkan bendera negara mereka. Di sosial media, nampak tekanan warga supaya pelatih timnas Ben Ryan di beri kewarganegaraan Fiji sebagai penghormatan.

” Belum pernah kami sebangga ini sebagai bangsa, ” kata Bainimarama.